Selasa, 03 Maret 2015

Review Short Film "Power/ Ranger" : Sebuah Tribute Kelam Jagoan Idola Anak 90'an



Bagi mereka yang besar tahun 90’an pasti pernah mengenal atau bahkan mengidolakan group hero (bukan group idol) bernama Power Ranger. Bahkan saat kecil kita (terutama saya) sesekali terlibat pertengkaran kecil sesama teman sebaya dikarenakan hal yang sepele, berebut untuk jadi Power Ranger merah. Power Ranger digambarkan sekumpulan remaja terpilih yang menggunakan kostum keren dengan warna-warna yang berbeda (Biasanya merah, biru, hijau, kuning, dan pink) dilengkapi dengan senjata yang super keren dan memiliki masing-masing robot atau kendaraan raksasa yang nantinya bisa bergabung menjadi satu untuk melawan monster yang biasanya menggunakan jurus atau ramuan di ambang-ambang kekalahannya untuk menjadi raksasa. Power Ranger pun banyak serinay mulai dari Power Ranger Mighty Morphin, Power Ranger in Space, Power Ranger SPD, dan sebagainya. Di Indonesia, anak-anak penggemar Power Ranger disuguhkan kisah-kisah jagoan mereka setiap minggu pagi di salah satu TV swasta, namun kini Power Ranger sudah lama tak muncul di layar TV digantikan acara musik lalalayeyeye atau FTV cinta-cintaan dengan judul aneh seperti kepincut cinta supir UFO atau Cintaku di kandang Godzilla.

Seperti mengobati kerinduan, film pendek bertajuk Power/Ranger muncul di Internet melalui Youtube dan Vimeo. Adalah Joseph Khan, seorang videographer yang sering menggarap video klip dari artis ternama seperti Taylor Swift, Britney Spears, dan 50 Cent  yang menjadi otak dalam penggarapan film pendek tribute untuk Power Ranger bersama kawannya yang berlaku sebagai produser, Adi Shankar. Film pendek yang rilis pertama kali tanggal 23 Februari ini telah ditonton lebih dari 12 juta penonton di Youtube yang merupakan bukti jika Power Ranger masih sangat dirindukan oleh penggemarnya, apalagi yang sudah tidak sabar menunggu Power Ranger the Movie yang rencananya akan rilis tahun 2016.



Power/Ranger tak seperti seri-seri Power Ranger yang cocok untuk anak-anak. Joseph Khan membawa film pendek ini kedalam penceritaan yang lebih kelam dan dewasa disertai beberapa adegan kekerasan dan nude yang tidak cocok untuk anak-anak. Film berdurasi sekitar 15 menit ini, diawali dengan adegan peperangan antara Power Ranger dengan musuhnya yang terlihat seperti megazord atau Alien. Peperangan ini terlihat habis-habisan terlihat dari topeng Ranger merah yang sudah hancur dan tergeletak ditanah. Cerita berlanjut jauh setelah peperangan tersebut dan para Ranger beranjak dari remaja menjadi dewasa. Terlihat sang Ranger Pink, Kimberly sedang diintrogasi oleh Rocky, Ranger merah yang menggantikan posisi Jason. Rocky yang kini ada dipihak alien serta salah satu kakinya harus digantikan dengan kaki robot ini menanyakan keberadaan Tommy, Ranger hijau kepada Kimberly. Setelahnya penonton disuguhkan kehidupan pribadi para Ranger serta rentetan kematian misterius yang menimpa mereka. Seperti ada yang memburu para jagoan kita ini.

Perlu diingat, Power/Ranger adalah film pendek Fan Made hasil ciptaan Joseph Khan yang didasari dari imajinasi penciptanya. Mengingat film pendek ini sebuah tribute buatan fans, jadi sah-sah saja apabila terasa melenceng dari originalnya dan dibuat lebih kelam serta menimbulkan pro dan kontra, senang tidak senang bagi penonton terlebih bagi penggemar berat Power Ranger. Joseph Khan menyuguhkan sebuah kisah mengenai kemana dan bagaimana pahlawan kita setelah cukup lama menghilang. Bagaimana para Ranger saat dewasa didunia yang dibuat oleh Joseph Khan. Sah-sah saja apabila Jason sang Ranger merah menikah dengan Kimberly si Ranger Pink lalu tewas dibunuh didalam mobil 8 jam setelah menikah. Kisah ini adalah versi Joseph Khan sebagai creator dibalik Power/Ranger.

Joseph Khan menyuguhkan visual yang sangat cantik disertai efek yang sangat memanjakan mata. Digarap dengan budget yang tak besar tak membuat film pendek ini terasa murahan. Efek yang ditampilkan tak kalah dengan film-film superhero layar lebar seperti film-film keluaran Marvel Studio. Bahkan film pendek ini bisa dijadikan standar untuk film layar lebar official dari Power Ranger pada tahun 2016 nanti baik dari segi efek maupun penceritaan. Power/Ranger disuguhkan dengan sisi  dark dalam penceritaan didukung visual yang kelam dan alur Thriller yang cukup mencekam serta menimbulkan tanda tanya besar apa yang sebenarnya terjadi didunia Power Ranger ini, dan tentu saja ada twist yang cukup memorable bagi kalangan penonton seri Power Ranger terdahulu.


Film pendek Power/Ranger pun tak lolos dari pro kontra. Saban Entertaiment yang merupakan pemegang lisensi dari Power Ranger murka terhadap film pendek besutan Joseph dan Adi ini hingga mengancam untuk memblokir film pendek ini di Youtube dan Vimeo. Ketidaksukaan juga keluar dari mulut Jason David Frank, pemeran Ranger hijau di seri Power Ranger dikarenakan Power/Ranger mengandung kekerasan, kata-kata kotor, serta obat-obatan yang tak layak untuk anak-anak. Terlepas dari itu semua, kita masih patut mengapresiasikan apa yang telah dibuat oleh Joseph dan teman-temannya sebagai bukti kecintaannya terhadap Power Ranger. Joseph menganggap ini adalah salah satu bentuk kebebasan berkarya dan tidak mencopot satu materipun milik Saban Entertaiment. Kembali lagi Fan made itu sah sah saja sebagai bentuk kecintaan terhadap suatu hal namun memang harus dipertanggungjawabkan semua yang terkandung didalam karya fan made yang dibuatnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar